Saturday, January 1, 2011

Kitab Tahun 1365

Kitab Nagarakretagama atau dikenali sebagai Desawarnana adalah ulogi Jawa Lama (dalam bentuk puisi) perihal Hayam Wuruk, pemerintah Kesultanan Majapahit. Ia ditulis oleh Mpu Prapanca pada 1365. Kitab itu mengandungi catatan terperinci tentang kesultanan tersebut pada zaman kegemilangannya. Puisi itu membuktikan kepentingan Hindu-Buddha di empayar Majapahit dengan kisah kuil, istana dan upacara istiadat. Ia ditulis di atas daun lontar.

Sejarawan telah meneliti puisi yang sarat dengan sejarah politik. Dalam rangkap 13 hingga 14, Prapanca menyenaraikan beberapa wilayah yang kini dalam negara Indonesia. Wilayah tersebut berada dalam pengaruh Majapahit.

Pada rangkap 13, wilayah berikut disebut :
Jambi, Palembang, Teba (Muara Tebo), Dharmasraya, Kandis, Kahwas, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar and Pane, Kampe, Haru, Mandailing, Tamiyang, negara Perlak (Peureulak) dan Padang Lawas (Gayo Lues), di sebelah barat, juga Samudra (Samudra Pasai) dan Lamuri, Batan (Bintan), Lampung, dan Barus. Juga wilayah Tanjungnegara (dipercayai di Borneo): Kapuas Katingan, Sampit, Kota Lingga, Kota Waringin, Sambas, dan Lawas.

Pada rangkap 14, lebih banyak kepulauan dicatatkan :
Kadandangan, Landa, Samadang, Tirem, Sedu (Sarawak), Barune (Brunei), Kalka, Saludung (Manila), Solot (Sulu), Pasir Barito, Sawaku, Tabalung, dan Tanjung Kutei. Di Hujung Medini (Semenanjung Melayu): Pahang, Langkasuka, Saimwang, Kelantan dan Trengganu, Johor, Paka, Muar, Dungun, Tumasik (Singapura), Kelang (Lembah Klang) dan Kedah, Jerai (Gunung Jerai), Kanjapiniran, semuanya disatukan.


Turut termasuk adalah wilayah di timur Jawa :
Badahulu dan Lo Gajah (sebahagian Bali), Gurun dan Sukun, Taliwang, Pulau Sapi island dan Dompo Sang Hyang Api, Bima. Seram, Hutan Kadali (Pulau Buru). Pulau Gurun dan Lombok Merah. Selain itu, Sasak, Bantayan dan Luwu. Lebih jauh ke timur, Udamakatraya, Makassar, Buton, Banggai, Kunir, Galiao dan Selayar, Sumba, Solot, Muar, Wanda(n) (Pulau Banda), Pulau Ambon atau Maluku, Pulau Kai, Wanin, Seran , Timor dan pulau lain.
 
Original Template By : uniQue  |    Modified and Maintained By : Shali+Zai